PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGURANGAN RISIKO BENCANA (PRB) BERBANTUAN MACROMEDIAFLASH BAGI SISWA SD DI WILAYAH RAWAN BENCANA
Main Author: | Inang Pambudi, Dholina |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/823 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, dua orang ahli media, siswa SD. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi danahli media, angket untuk siswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sebagai bahan untuk revisi produk agar layak digunakan untuk uji coba di lapangan sehingga nantinya bisa dijadikan media yang layak digunakan bagi siswa SD. Adapun hasil yang didapat dari penelitian dan pengembangan ini adalah; Multimedia pengurangan risiko bencana dinilai layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan hasil penilaian dari judgment expert ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada siswa. Berdasarkan kriteria penilaian dari ahli materi termasuk dalam kategori “baik” dengan rincian skor rerata pada aspek kurikulum 3,83, aspek kebahasaan 4,00, aspek penyajian 4,00, dan aspek kegrafikan 4,00. Sedangkan kriteria penilaian dari ahli media juga termasuk dalam kategori “baik” dengan rincian skor rerata pada aspek kemudahan pengoperasian 5,00, aspek performa tampilan 4,14, dan aspek kemanfaatan 4,00. Kriteria “baik” tersebut diketahui melalui skor penilaian pada tabel konversi nilai (skala 1-5). Jumlah skor rerata siswa pada uji coba kelompok keciluntuk aspek kemudahan produk untuk dioperasikan adalah 4,20, pada aspek kemudahan produk untuk dipelajari isinya skor rerata penilaian adalah 4,23, dan pada aspek kemenarikan tampilan jumlah skor rerata penilaian adalah 4,20 semua dalam kategori baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk disebarkan secara luas. Kata Kunci :Multimedia, Pengurangan Risiko Bencana Abstract This studyis a researchanddevelopmentwithresearch subjectsconsisted ofonepersonmatter experts, twomediaexperts, elementary students. Data collection instrumentin the form ofsheetmaterialandexpertvalidationformedia experts, a questionnaire tostudents.Furthermore, the dataobtained were processedandanalyzedusingdescriptivestatisticsasmaterialforrevision ofthe productto be eligibleto usefortestinginthe fieldso that latercouldbe used asa viablemediumusedfor elementary students. Theresults obtainedfromresearchanddevelopmentare; Multimediadisasterriskreductionis considered feasibleto useas a learning resourcebased on theassessmentofexpertjudgmentmatter experts, mediaexperts, andlimited testingonstudents. Based onexpertassessment criteriaofthe materialincluded inthe category of"good" withdetailsonaspects of thecurriculummean scoreof 3.83, 4.00linguisticaspects, presentingaspects of4.00, and4.00kegrafikanaspects. While thecriteria forassessmentofmedia expertsare alsoincluded inthe category of"good" withdetailson themean score5.00ease of operationaspects, aspects ofdisplay performanceof 4.14, 4.00andbenefitaspects. Criteria of"good" isknownthroughtheassessment scoreconversion tablevalue(scale 1-5). Totalmean scoreof studentsinsmallgroupstotestaspects ofthe product's ease ofoperationis4.20, theconvenienceaspect ofthe producttobe studiedcontentsassessmentmean scorewas4.23, andtheattractiveness of theaspects ofthe displaynumbermean scorewas4.20allinassessmentboth categoriesso thatproducts developeddeservestobe widely disseminated. Keywords: Multimedia, Disaster Risk Reduction