MODEL PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA SURAKARTA

Main Author: ., Minsih
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/822
Daftar Isi:
  • Abstrak SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta salah satu sekolah dasar yang berupaya menghantarkan siswanya menjadi insan kamil. Tujuan penelitian ini di tahun pertama adalah mendeskripsikan model konseptual ideal pelaksanaan layanan bimbingan konseling komprehensif di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta dan di tahun kedua untuk mendeskripsikan implementasi proses layanan-layanan BK Komprehensip yaitu layanan dasar bimbingan, layaanan responship, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota SurakartaPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis naturalistik. Pendekatan fenomenologis berusaha memahami perilaku manusia dari segi kerangka berfikir maupun bertindak orang-orang itu sendiri. Layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang diselenggarakan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta merupakan program pendamping yang diperuntukkan bagi seluruh siswa di bawah bimbingan psikolog dan konselor. Layanan ini terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu layanan dasar bimbingan, layanan responsive dan layanan perencanaan individual. Layanan dasar bimbingan merupakan layanan yang diberikan kepada seluruh siswa agar mencapai proses perkembangan diri secara optimal melalui kegiatan-kegiatan secara klasikal yang disajikan secara sistematis. Layanan ini juga bertujuan mencegah terhadap timbulnya permasalahan dalam proses pendidikan di sekolah. Adapun layanan responsif merupakan layanan yang diberikan kepada siswa yang memiliki masalah dan kebutuhan khusus yang memerlukan penanganan tersendiri. Kata Kunci : Bimbingan, Konseling dan Komprehensif Abstract SD Muhammadiyah Surakarta Special Program one of the elementary school students who strive to be perfect man to deliver. The purpose of this study in the first year is to describe a conceptual model of the ideal implementation of comprehensive guidance and counseling services in SD Muhammadiyah Surakarta and Special Programs in the second year to describe the implementation process of comprehensive services BK is the basic guidance services, Responship services, individualized service planning, and support system implemented in SD Muhammadiyah Surakarta Special Programs. This study is a qualitative study with a phenomenological approach naturalistic. Phenomenological approach seeks to understand human behavior in terms of a framework of thinking and acting people themselves. Guidance and counseling services komprehensif held in SD Muhammadiyah Surakarta Special Program is a companion program that is intended for all students under the guidance of psychologists and counselors. This service consists of several activities, namely basic guidance services, responsive services and service planning guidance is individual.Layanan basic services provided to all students in order to achieve optimal process of self development through activities classically presented systematically. This service also aims to prevent the onset of problems in the educational process in schools. The responsive service is a service provided to students who have problems and special needs that require separate handling. Keywords: Guidance, Counseling and Comprehensif