PENGEMBANGAN PETA DIGITAL BERBANTUAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA UAD PADA MATA KULIAH MATERI PEMBELAJARAN IPS
Main Author: | Pambudi, Dholina Inang |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/805 |
Daftar Isi:
- Abastrak Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk:(1) Menghasilkan sebuah pengembangan peta ditigal berbantuan komputer bagi mahasiswa pada mata kuliah Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada mahasiswa PGSD khususnya SDA mineral dan tambang di DIY (2). Mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi dan media, serta dari aspek mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, satu orang ahli media, uji coba terbatas pada mahasiswa PGSD UAD semester 3. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, angket untuk mahasiswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sebagai bahan untuk revisi produk agar layak digunakan untuk uji coba di lapangan sehingga nantinya bisa dijadikan media yang layak digunakan bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Materi Pembelajaran IPS khususnya SDA mineral dan tambang di DIY.Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah; media peta digital berbantuan komputer dinilai layak digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dari judgment expert ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada mahasiswa PGSD FKIP UAD. Berdasarkan kriteria penilaian dari ahli materi termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan nilai akhir 81, kriteria penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai akhir 80, sedangkan kriteria penilaian dari mahasiswa dalam uji coba terbatas didapat jumlah nilai akhir ditinjau dari aspek pendahuluan 81, aspek pembelajaran 76, aspek kualitas redaksi 76, aspek ilustrasi 79, aspek kemasan 79, aspek grafis 79, aspek suara, video, navigasi 75, aspek efisiensi program 79, semua dengan kategori “baik”, dan terakhir aspek kemanfaatan media bagi mahasiswa 88 kategori “sangat baik”. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa peta digital berbantuan komputer bagi mahasiswa UAD pada mata kuliah materi pembelajaran IPS layak digunakan sebagai salah satu media yang tepat bagi mahasiswa untuk menjelaskan materi khususnya SDA mineral dan tambang di DIY sehingga calon guru sekolah dasar nantinya memiliki bekal yang cukup untuk memahamkan kepada peserta didik di sekolah. Keyword: Peta digital , Berbantuan Komputer, IPS