UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V DI SD N 4 NGRAHO KEDUNGTUBAN BLORA
Main Author: | ., Sutrisno |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/787 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V di SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora yang berjumlah 13 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 6 siswa dan perempuan sebanyak 7 siswa. Obyek penelitian ini adalah media gambar. Langkah-langkah PTK meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1)penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasibelajar IPS siswa. Nilai rata-rata pada siswa kelas V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora, pada Pra Siklus sebesar 63,26 dengan ketuntasan belajar sebanyak 30,43%, setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media gambar meningkat pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74,34 dengan ketuntasan belajar mencapai 56,52%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 81,52 dengan ketuntasan belajar sebesar 95,65%. (2) adanya peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran dan siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan mediagambardapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora. Kata Kunci :Media gambar, prestasi belajar, IPS Abstract This study aims to determine efforts to improve learning achievement for Social Sciences by using media images in class V in SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora. This research is a class act. Subjects were all students of class V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora totaling 13 students with male students and female students as much as 6 of 7 students. Object of this research is the media image. Steps PTK includes planning, implementation, observation and reflection. Collecting data in this study with the observation, testing and documentation. Data were analyzed using the average and the percentage of completeness. It can be concluded that: (1) use of media images can improve prestasibelajar IPS students. The average value in class V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora, in the Pre Cycle at 63.26 with mastery learning as much as 30.43%, after a study carried out using media images increased in the first cycle the average value becomes 74.34 by learning completeness reached 56.52%. In the second cycle the average value becomes 81.52 with learning completeness of 95.65%. (2) an increase in adherence to the learning process and students. From these data it can be concluded that the application of IPS mediagambardapat improve learning achievement in grade V SD N 4 Ngraho Kedungtuban Blora. Keywords: Media images, academic achievement, IPS