EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DISLEKSIA DI SEKOLAH DASAR

Main Author: Dea Komalasari, Mahilda
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/779
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas metode multisensory dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik disleksia di kelas 2 SDN Tamasari 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menyajikan perubahan kemampuan membaca subjek setelah mendapat perlakuan. Subyek dalam penelitian ini adalah lima peserta didik kelas dua SDN Tamansari 3 Yogyakarta yang menderita disleksia. Perlakuan menggunakan metode multisensori diberikan secara klasikal selama empat kali pertemuan dengan durasi 2 x jam pelajaran di setiap pertemuan.Kemampuan membaca permulaan anak diukur dengan meminta anak membaca kata sederhana.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Hasil tes membaca dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan hasil pengamatan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil deskripsi data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca peserta didik disleksia.Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah pengenalan kata, waktu membaca, serta jumlah banyak kata yang dibaca per menit. Kata kunci: metode multisensori, kemampuan membaca pada peserta didik disleksia sekolah dasar Abstract This study aims to measure the effectiveness of multisensory method in improving the reading skills of dyslexia students in grades 2 SDN Tamasari 3 Yogyakarta. This type of research is descriptive study that presents the change in the ability of subject to read after receiving treatment. Subjects in this study were five dyslexic students in second grade SDN Tamansari 3 Yogyakarta. Treatment using multisensory method given in the classical for four times with a duration of 2 x hours of lessons at each meeting. Early reading ability of subject is measured by asking the subject to read simple words. Data collection technique used observation and tests. The reading test results are analyzed using quantitative descriptive and observations were analyzed using qualitative descriptive. The description of the data showed an increase in reading skills dyslexic students. This was demonstrated by an increase in the number of word recognition, reading time, and the number of words read per minute. Keywords: multisensory method, the reading ability of dyslexic students in elementary school.