PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENDUKUNG KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PGSD

Main Author: Fatmawati, Laila; UAD
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi PGSD FKIP UPY , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool/article/view/591
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model Borg & Gall. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model learning cycle serta mengetahui kelayakan bahan ajar yang telah dikembangkan. Tahap pengembangan tahun pertama ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal dan validasi ahli. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket, lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) produk yang dikembangkan berbentuk modul pembelajaran IPS berbasis learning cycle dengan pokok bahasan gejala alam dan cara menghadapinya, 2) hasil telaah kelayakan oleh ahli menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada perkuliahan Materi Pembelajaran IPS di SD sehingga dapat mendukung kompetensi profesional mahasiswa PGSD UAD. Kata kunci : bahan ajar, learning cycle, kompetensi professional.