PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUDAYAAN DAERAH BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU SD
Main Author: | Faiz Noormiyanto, Dhiniaty Gularso, Beny Dwi Lukitoaji, |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP UPY
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool/article/view/585 |
Daftar Isi:
- Abstrak Kurikulum pendidikan harus disusun untuk mampu mengenalkan anak didik dengan lingkungannya, mampu melahirkan lulusan yang memiliki akhlak mulia dan karakter yang kuat, mampu menjaga diri untuk tidak mudah korupsi, mampu mengendalikan sifat anarkhisme. Tujuan penelitian ini adalah mahasiswa dapat menggali kebudayaan berbasis kearifan lokal (indegenous wisdom) melalui penelitian secara kritis dalam berpikir sehingga bermuara pada eksistensi budaya lokal itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berpendekatan Research and Development yang mengacu pada Thiaragajan (1994) dengan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dapat dilihat pada grafik di pertemuan 9-10 rata-rata menunjukkan 82,22 sedangkan pada pertemuan 12-13 rata-rata menunjukkan 82,64. Hal itu dapat diketahui dengan melihat peningkatan masing-masing indikator. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan model pembelajaran pendidikan kebudayaan daerah berbasis riset dapat meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Kata kunci: calon guru sekolah dasar, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran pendidikan kebudayaan daerah berbasis riset Abstract Education curriculum should be prepared to be able to acquaint students with the environment, able to produce graduates who have good moral values and strong character, able to maintain themselves not easily corruption, capable of controlling the nature of anarchism. The purpose of this study is students can explore the culture based on local wisdom (indigenous wisdom) through research is critical in thinking that led to the existence of the local culture itself. The method used is research development berpendekatan Research and Development which refers Thiaragajan (1994) with the 4D model that define, design, develop and disseminate. Based on the results of this research is that there is an increase in students' critical thinking skills, can be seen in the graph 9-10 meeting showed an average of 82.22, while the average 12-13 meeting showed 82.64. It can be seen by looking at the improvement of each indicator. It can be concluded that the development of regional cultural education learning model-based research can improve students' critical thinking. Keywords: prospective elementary school teachers, critical thinking skills, learning model of education research-based regional cultur