PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGURANGAN RISIKO BENCANA (PRB) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH BAGI SISWA SD DI WILAYAH RAWAN BENCANA
Main Author: | Pambudi, Dholina Inang; uad |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP UPY
, 2015
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool/article/view/51 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian terdiri atas satu orang ahli materi, dua orang ahli media, siswa SD. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media, angket untuk siswa. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sebagai bahan untuk revisi produk agar layak digunakan untuk uji coba di lapangan sehingga nantinya bisa dijadikan media yang layak digunakan bagi siswa SD. Adapun hasil yang didapat dari penelitian dan pengembangan ini adalah; Multimedia pengurangan risiko bencana dinilai layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan hasil penilaian dari judgment expert ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada siswa. Berdasarkan kriteria penilaian dari ahli materi termasuk dalam kategori “baik” dengan rincian skor rerata pada aspek kurikulum 3,83, aspek kebahasaan 4,00, aspek penyajian 4,00, dan aspek kegrafikan 4,00. Sedangkan kriteria penilaian dari ahli media juga termasuk dalam kategori “baik” dengan rincian skor rerata pada aspek kemudahan pengoperasian 5,00, aspek performa tampilan 4,14, dan aspek kemanfaatan 4,00. Kriteria “baik” tersebut diketahui melalui skor penilaian pada tabel konversi nilai (skala 1-5). Jumlah skor rerata siswa pada uji coba kelompok kecil untuk aspek kemudahan produk untuk dioperasikan adalah 4,20, pada aspek kemudahan produk untuk dipelajari isinya skor rerata penilaian adalah 4,23, dan pada aspek kemenarikan tampilan jumlah skor rerata penilaian adalah 4,20 semua dalam kategori baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk disebarkan secara luas. Kata Kunci : Multimedia, Pengurangan Risiko Bencana Abstract This study is a research and development with research subjects consisted of one person matter experts, two media experts, elementary students. Data collection instrument in the form of sheet material and expert validation for media experts, a questionnaire to students. Furthermore, the data obtained were processed and analyzed using descriptive statistics as material for revision of the product to be eligible to use for testing in the field so that later could be used as a viable medium used for elementary students. The results obtained from research and development are; Multimedia disaster risk reduction is considered feasible to use as a learning resource based on the assessment of expert judgment matter experts, media experts, and limited testing on students. Based on expert assessment criteria of the material included in the category of "good" with details on aspects of the curriculum mean score of 3.83, 4.00 linguistic aspects, presenting aspects of 4.00, and 4.00 kegrafikan aspects. While the criteria for assessment of media experts are also included in the category of "good" with details on the mean score 5.00 ease of operation aspects, aspects of display performance of 4.14, 4.00 and benefit aspects. Criteria of "good" is known through the assessment score conversion table value (scale 1-5). Total mean score of students in small groups to test aspects of the product's ease of operation is 4.20, the convenience aspect of the product to be studied contents assessment mean score was 4.23, and the attractiveness of the aspects of the display number mean score was 4.20 all in assessment both categories so that products developed deserves to be widely disseminated. Keywords: Multimedia, Disaster Risk Reduction