PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERNUANSA ISLAMI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Main Author: | Isansespa, Ida Nurminla; uad |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP UPY
, 2015
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool/article/view/49 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan kelayakan bahan ajar materi pembelajaran matematika SD dengan pendekatan realistik bernuansa islami untuk mahasiswa PGSD. Penelitian ini baru mencapai tahap pengembangan yang pertama, yaitu validasi ahli. Draf penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahap yaitu 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, dan 3) pengembangan produk awal dan validasi ahli. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Berdasarkan hasil telaah kelayakan oleh ahli disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki: (1) kelayakan isi yang sesuai dengan ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi materi pembelajaran matematika SD, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan bahasa, (4) implementasi pendekatan matematika realistik bernuansa islami, dan (5) kelayakan bahan ajar sebagai media. Kata kunci: Bahan Ajar, Nilai Islami, Pendekatan Matematika Realistik Abstract This research is a development research, which was developed by Borg & Gall, that aims of this study are to determine the measures and feasibility of teaching material’s development of elementary mathematics learning with Islamic nuance realistic approach for PGSD students. This research has only reached the first stage of development, i.e. validation expert. The research draft of this development consists of three stages: 1) a preliminary study, 2) planning, and 3) the initial product development and validation experts. The research instrument used validation sheet of material expert and validation sheet of media experts. Descriptive statistics technique was used to analyze the data. Based on the results of the feasibility study by the experts concluded that the teaching materials developed has eligibility as follows: (1) feasibility of the contents in accordance with the material scope and the competence level of elementary mathematics learning materials, (2) the feasibility of presentation, (3) the feasibility of the language, (4) implementate a mathematical realistic approach with Islamic nuance, and (5) the feasibility of teaching material. Keywords: Islamic Values, Realistic Mathematics Approach, Teaching Materials