PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA (PBB) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS dan keaktifan SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 TRIDARMA WIRAJAYA

Main Author: Kristin, Firosalia; UKSW
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi PGSD FKIP UPY , 2016
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/ElementarySchool/article/view/139
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis budaya dengan model konvensional, dan 2) untuk mengetahui keaktifan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis budaya dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Tridarma Wirajaya. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar IPS dan observasi untuk mengetahui keaktifan siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis budaya dengan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan keaktifan antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis budaya dengan model konvensional. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Budaya, Hasil Belajar, Keaktifan Abstract This study aims 1) to determine differences in learning outcomes of students who take the social studies learning by using culture-based learning model with the conventional model, and 2) to determine the activity of students who take the learning culture based learning model with conventional models. This research is a quasi-experimental study. The study population was fourth grade students of SDN 01 Tridarma Wirajaya. Data were collected through a test to measure the results of social studies and observation to determine students' activity. Based on the analysis of data obtained: 1) There are differences in social studies learning outcomes between groups of students who take the learning culture based learning model with conventional learning. 2) There is a difference between the activity of groups of students who take the learning culture based learning model with conventional models. Keywords: Culture-Based Learning, Learning Outcomes, activeness