ANALISIS BUKU MUATAN TEMATIK INTEGRATIF, SCIENTIFIC APPROACH, DAN AUTHENTIC ASSESSMENT KELAS II SEKOLAH DASAR
Main Author: | Erviana, Vera Yuli; UaD |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2018
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/1149 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan tematik integratif, (2) muatan scientific approach, dan (3) mendeskripsikan muatan authentic assessment dalam buku teks kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar indikator keterpaduan pada buku teks sesuai, tetapi masih ada kesalahan penomoran KD yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 dan ketidaksesuaian materi dengan KD yang tercantum (2) muatan scientific approach yang tercantum pada buku teks mencakup kegiatan bervariasi yang mengarahkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam membangun pengetahuan (3) muatan authenthic assessment sudah memenuhi sebagian besar indikator, tetapi masih perlu dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk membantu guru dalam menerapkan penilaian tersebut. Penilaian ini menggambarkan kemampuan siswa meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata Kunci: tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment, buku teks kurikulum 2013 Abstract This research aim to describe: (1) the integrative thematic content, (2) the scientific approach content, and (3) the authenthic assessment in the textbook of Curriculum 2013. This research was content analysis using the qualitative approach. The data analysis techniques used consisted of unitizing, sampling, recording, inferring, and narrating. This results of this study are as follows. (1) Most of the integrated indicators in the textboox are not achieved because KD numbering error in accordance with Permendikbud Number 67 Year 2013, and incomtability with KD material listed (2) The conten of the scientific approach in the textbook includes activities that vary, and direct the students to interact to build knowledge (3) The content of authenthic assessment already fulfils most of the indicators, but it still needs to be equipped with the rubric to assist teachers in implementing the assessment. This assessment to describe the ability of the students from the aspects of attitude, knowledge, and skills. Keywords: thematic integrative, scientific approach, and authentic assessment, the textbook of curricullum 2013