Keefektifan Media Batang Napier dalam Operasi Perkalian Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Main Authors: Yuliyanti, One Vivin; Universitas PGRI Yogyakarta, Budiharti, Budiharti; Universitas PGRI Yogyakarta
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal PGSD Indonesia , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/1039
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan antara penggunaan media pembelajaran batang napier dengan media pembelajaran gambar tabel perkalian ditinjau dari minat dan prestasi belajar matematika siswa,serta untuk mengetahui keefektifan media batang napier ditinjau dari minat dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD N Tegalrejo 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A dan IIIB SD N Tegalrejo 2 yang berjumlah 60 siswa. Pemilihan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, angket minat siswa dan dokumentasi, sedangkan instrument yang digunakan berupa soal tes dan angket minat siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan pada minat belajar matematika siswa antara menggunakan media pembelajaran gambar tabel perkalian dan media pembelajaran batang napier. (2) terdapat perbedaan pada prestasi belajar matematika siswa antara menggunakan media pembelajaran gambar tabel perkalian dan media pembelajaran batang napier. (3) media pembelajaran batang napier lebih efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa. (4) Media pembelajaran batang napier lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: Media batang napier, media gambar tabel perkalian, minat belajar matematika dan prestasi belajar matematika Abstract This study aims to determine whether there is a difference between the use of learning media stem napier with learning media images of multiplication tables viewed from the interests and achievements of students' mathematics learning, as well as to determine the effectiveness of napier media stem in terms of interest and student learning achievement of mathematics. This research is a quasi experimental research (quasi experiment). The population of this study were all students of SD N Tegalrejo 2 Yogyakarta academic year 2017/2018. The sample of the research are the students of class IIIA and IIIB SD N Tegalrejo 2 which amounts to 60 students. Selection of one class as an experimental group and one class as a control group is conducted intentionally. Data collection techniques used in this study are tests, questionnaires of student interest and documentation, while the instrument used in the form of test questions and questionnaires of student interest. Data analysis used in this research is parametric statistical method that is t test (t-test) with significance level 0,05. The result of this research concludes that (1) there is difference in interest in learning mathematics of students between using learning media multiplication table image and learning media of napier rod. (2) there is a difference in student learning achievement of mathematics between using learning media multiplication table image and learning media of napier rod. (3) learning media of napier bar more effectively viewed from student learning interest in mathematics. (4) Napier stem learning media more effectively viewed from student's mathematics learning achievement. Keywords: stem napier media, multiplication table image media, interest in mathematics learning and mathematics learning achievement