PEMANFAATAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH (Penelitian pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Tempurejo I, Kabupaten Magelang)
Main Author: | Khadziq Ma’arif, Khusnul Laely; UM MGL |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakrta
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/ES/article/view/1003 |
Daftar Isi:
- Diterima: 20 Januari 2017. Disetujui: 30 Januari 2017. Dipublikasikan: Januari 2017 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card di SD Tempurejo I Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian sebanyak dua puluh siswa pada anak kelas satu, SD Tempurejo I Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar melalui pemanfaatan media flash card. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca huruf hijaiyah mengalami peningkatan dengan hasil kemampuan awal kemampuan membaca huruf hijaiyah mencapai 25,7%, siklus I mencapai 54,29% dan siklus II mencapai 88,57%. Hal ini berarti bahwa pemanfaatan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelas satu Sekolah Dasar. Kata Kunci: Media flash card, kemampuan membaca, huruf hijaiyah anak Abstract This study aims to determine the increase in the ability to read letters hijaiyah Elementary School first grade through the use of flash media card in the SD Tempurejo I Magelang regency. Research carried out by the draft Action Research (PTK) with two cycles, each of which includes planning, implementation, observation, and reflection. The subject of research as many as twenty students in the first grade, elementary Tempurejo I Academic Year 2015/2016. Methods of data collection using observation, testing, and documentation. Data analysis methods used by quantitative descriptive analysis to determine the increase in the ability to read letters hijaiyah Elementary School first grade through the use of flash media cards. Based on the research results, the ability to read letters hijaiyah increased with the results of the initial ability to read letters ability hijaiyah reached 25.7%, the first cycle reaches 54.29% and cycle II reached 88.57%. This means that the use of flash media cards can improve the ability to read letters hijaiyah Elementary School first-grader. Keywords: Media flash cards, reading, letter hijaiyah child