KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIM KUIS PADA KOMPETENSI BANGUN RUANG SISI TEGAK

Main Author: Riawan Yudi Purwoko, Septiana Nurul Arifah, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/994
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/994/949
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada bangun ruang sisi tegak; (2) keefektifan model pembelajaran tim kuis dalam pembelajaran matematika bangun ruang sisi tegak. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak enam kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu 32 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari hasil analisis diperoleh: (1) tobs = 1,951 > ttabel = 1,6703 sehingga rata-rata prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran tim kuis lebih baik dibandingkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada kompetensi bangun ruang sisi tegak, (2) tobs = 3,8305 > ttabel = 1,6955 sehingga penggunaan model pembelajaran tim kuis efektif pada kompetensi bangun ruang sisi tegak. Kata kunci: pembelajaran, tim kuis, prestasi