EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN DEMONSTRASI GEOGEBRA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Author: Mujiyem Sapti, Priyo Sani Arbangi AMS, Nila Kurniasih,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/991
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/991/946
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Demonstrasi GeoGebra menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah; (3) ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar kelas eksperimen adalah 73.10 dan kelas kontrol adalah 69.11. Berdasarkan hasil uji hipotesis anava dua jalan dengan sel tak sama disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Demonstrasi GeoGebra menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (2) motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar, STAD, demonstrasi GeoGebra, motivasi belajar