EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Main Author: | Riawan Yudi Purwoko, Ngusman, Supriyono, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/989 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/989/944 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 pada materi logika matematika yang menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 3,7295 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi logika matematika. Kata kunci: prestasi belajar, Make a Match, logika matematika