EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Author: Riawan Yudi Purwoko, Ngusman, Supriyono,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/989
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/989/944
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 pada materi logika matematika yang menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 3,7295 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi logika matematika. Kata kunci: prestasi belajar, Make a Match, logika matematika