DESKRIPSI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER DARI SEGI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU SMK SE-KABUPATEN PURWOREJO

Main Author: Isnaeni Maryam, Sulis Setyaningsih, Mujiyem Sapti,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2014
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/973
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/973/928
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran bagaimanakah pelaksanaan pendidikan berkarakter yang terintegrasi dalam mata pelajaran matematika dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMK Se-Kabupaten Purworejo pada tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi RPP, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukan bahwa keterlaksanaan implementasi pendidikan berkarakter dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru mata pelajaran matematika SMK se-Kabupaten Purworejo sudah terlaksana dengan cukup baik, namun belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari persentase hasil perhitungan angket yang memuat implementasi pendidikan karakter sebesar 66 %, dan dari analisis pada komponen-komponen RPP sebesar 69,64 %. Adapun kekurangan yang terjadi pada komponen-komponen RPP yaitu pada komponen tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Kata kunci: RPP, pendidikan berkarakter