IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER DARI SEGI RPP GURU MATEMATIKA SMP NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO

Main Author: Isnaeni Maryam, Sri Rahayu, Mujiyem Sapti,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/841
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/841/807
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:deskripsiimplementasipendidikankarakterpadarencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) oleh guru matematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejo. Teknikpengambilandatadenganmetodedokumentasi, metodeangketdanmetodewawancara.Dokumentasi RPP guru iniuntukmengetahuikekurangankomponendalam RPP yang dilakukanoleh guru matematika SMP Negeri.Wawancarainidilakukanuntukmengetahuialasankenapa guru tidakmencantumkankomponen yang seharusnyaadadalam RPP yang merekabuat.Angketdigunakanuntukmengetahuibagaimanaimplementasipendidikanberkarakterdarisegi RPP.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifsedangkananalisisdatadilakukandenganlangkah-langkahdeskripsi data,analisisdatadanpembahasan.Kesimpulanpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipendidikanberkarakterdarisegirencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) guru matapelajaranmatematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejotermasukdalamkategoricukup.Kategoriinidihitungberdasarkannilai rata-rata angketimplementasipendidikanberkarakterdanlembarobservasiRPP yaitusebesar 73, 005%. Kata kunci:rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), pendidikanberkarakter, guru matematika, SMP Negeri.