IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER DARI SEGI RPP GURU MATEMATIKA SMP NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO
Main Author: | Isnaeni Maryam, Sri Rahayu, Mujiyem Sapti, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/841 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/841/807 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:deskripsiimplementasipendidikankarakterpadarencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) oleh guru matematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejo. Teknikpengambilandatadenganmetodedokumentasi, metodeangketdanmetodewawancara.Dokumentasi RPP guru iniuntukmengetahuikekurangankomponendalam RPP yang dilakukanoleh guru matematika SMP Negeri.Wawancarainidilakukanuntukmengetahuialasankenapa guru tidakmencantumkankomponen yang seharusnyaadadalam RPP yang merekabuat.Angketdigunakanuntukmengetahuibagaimanaimplementasipendidikanberkarakterdarisegi RPP.Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifsedangkananalisisdatadilakukandenganlangkah-langkahdeskripsi data,analisisdatadanpembahasan.Kesimpulanpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasipendidikanberkarakterdarisegirencanapelaksanaanpembelajaran (RPP) guru matapelajaranmatematika SMP Negeri se-KabupatenPurworejotermasukdalamkategoricukup.Kategoriinidihitungberdasarkannilai rata-rata angketimplementasipendidikanberkarakterdanlembarobservasiRPP yaitusebesar 73, 005%. Kata kunci:rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), pendidikanberkarakter, guru matematika, SMP Negeri.