EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DANPROBLEM POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | ErniPujiAstuti, Ari Pranantyo, Supriyono, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/839 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/839/805 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiapakah prestasibelajarmatematikasiswa yang menggunakan model pembelajaranproblem based learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunakan model pembelajaranproblem posingmaterimenghitungluaspermukaandan volume bangunruangsisidatarkelas VIII SMP Negeri 24 Purworejotahunpelajaran 2012/2013. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Populasipenelitianiniadalahkelas VIII SMP Negeri 24 Purworejo.Pengambilansampeldilakukandenganteknikcluster random sampling.Teknikpengumpulan data menggunakandokumentasiuntuk data kemampuanawalsiswadanmetodetesuntuk data prestasibelajarmatematikasiswa.Ujihipotesis menggunakanujit tarafsignifikansi 0,05didapatkantobssebesar 1,748danttabelsebesar 1,645 sehinggaH0ditolak. Jadi,prestasibelajarmatematikasiswa yang menggunakan model pembelajaranproblem based learninglebihbaikdaripadasiswa yang menggunakan model pembelajaranproblem posing. katakunci: problem based learning, problem posing, prestasibelajar