PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE IOC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Author: | Erni Puji Astuti, Prihati Setyaningsih, Bambang Priyo Darminto, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/836 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/836/802 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitianinibertujuanuntukmengungkapkan: (1) penerapan model pembelajarankooperatiftipe IOC dalampembelajaranmatematikapadasiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh; (2) peningkatanhasilbelajarsiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh; (3) peningkatanaktivitasbelajarsiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilaksanakandalamduasiklus. Tiapsiklusterdiridariperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Hasilanalisis data yang telahdikemukakan, dapatdisimpulkanbahwa: (1) hasilpengamatanaktivitasbelajarsiswa 62,22% padasiklus I dan80,56% padasiklus II denganindikatoraktivitaspembelajaran>75%; (2) hasilbelajarsiswasecaraklasikalterjadipeningkatandari 71,88% padasiklus I menjadi 84,34% padasiklus II denganindikatorketuntasanklasikal minimal 75%; (3) hasilbelajarsiswadarinilai rata-rata kelasjugamengalamipeningkatandari 72,19 padasiklus I menjadi 74,16 padasiklus II denganindikatornilai rata-rata kelaspadatiapsiklus minimal 70. Kata Kunci: model pembelajaranIOC,aktivitas belajar, hasil belajar