PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC)
Main Author: | Erni Puji Astuti, Dewi Yuliana M.H, Mujiyem Sapti, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/830 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/830/796 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini untuk meningkatkanaktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus.Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pengamatan selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi aktivitas belajar serta hasil tes akhir siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Loano. Dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 20 putra dan 11 putri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Loano yang beralamat di jalan Magelang km 5 Loano, Purworejo. Dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 yaitu bulam Maret sampai dengan bulan Juli 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar. Aktivitas siswa pada siklus I 69,1% dan pada siklus II 73,4%. Hasil belajar meningkat yaitu sebelum siklus siswa yang tuntas 35,5%, pada siklus I 67,75 dan pada siklus II 80,6%. Kata kunci:aktivitas belajar, model pembelajaran VAK.