PENERAPAN MODELTGT DENGANPERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Main Author: Riawan Yudi Purwoko, Nila Khasanah, Bambang Priyo Darminto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/828
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/828/794
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuandalam penelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahprestasibelajarmatematikasiswapadamateri pecahandengan model pembelajaran TGT dengan mediapermainanulartanggaakanlebihbaikjikadibandingkandenganpembelajaran model ekspositori.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IV SD se-gugus Ahmad YanikecamatanPurworejoTahun 2012/2013.Teknikpengambilansampeldilakukansecara cluster random sampling. Validitasdiujidengankorelasiproduct moment, reliabilitastesdiujidenganrumus KR-20.UjiprasyaratAnalisisVariansimenggunakanujiLillieforsuntukujinormalitasdanujiBarlettuntukujihomogenitas.Dengan α = 0.05 diperolehsampelberasaldaripopulasiberdistribusi normal danhomogen.Dari uji hipotesis diperoleh = 1.7971 1.6702= , dengan α = 0.05, artinyamodel pembelajaran tipe TGT dengan media permainan ular tangga menghasilkan prestasi belajar metematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi pecahan. Kata kunci: TGT dengan media permainan ular tangga, prestasi belajar, pecahan.