PENERAPAN MODELTGT DENGANPERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD
Main Author: | Riawan Yudi Purwoko, Nila Khasanah, Bambang Priyo Darminto, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/828 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/828/794 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuandalam penelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahprestasibelajarmatematikasiswapadamateri pecahandengan model pembelajaran TGT dengan mediapermainanulartanggaakanlebihbaikjikadibandingkandenganpembelajaran model ekspositori.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IV SD se-gugus Ahmad YanikecamatanPurworejoTahun 2012/2013.Teknikpengambilansampeldilakukansecara cluster random sampling. Validitasdiujidengankorelasiproduct moment, reliabilitastesdiujidenganrumus KR-20.UjiprasyaratAnalisisVariansimenggunakanujiLillieforsuntukujinormalitasdanujiBarlettuntukujihomogenitas.Dengan α = 0.05 diperolehsampelberasaldaripopulasiberdistribusi normal danhomogen.Dari uji hipotesis diperoleh = 1.7971 1.6702= , dengan α = 0.05, artinyamodel pembelajaran tipe TGT dengan media permainan ular tangga menghasilkan prestasi belajar metematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi pecahan. Kata kunci: TGT dengan media permainan ular tangga, prestasi belajar, pecahan.