MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KOMBINASI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN COURSE REVIEW HORAY

Main Author: Erni Puji Astuti, Esti Nurjanah, Mujiyem Sapti,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/824
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/824/790
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui kombinasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Course Review Horay (CRH). Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes tertulis. Teknik observasi untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sedangkanteknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedondong tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 yaitu 11 putra dan 11 putri. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juli 2013di SD Negeri Kedondong, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 68,18 % dan pada siklus II diperoleh persentase 81,81 %. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat. Selain itu keaktifan belajar siswa juga meningkat, hal ini ditunjukkan dengan persentase pada siklus I sebesar 67 % dan pada siklus II sebesar 77,5 %. Kata kunci: NHT, CRH, Keaktifan, Kombinasi.