PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK BAHAN AJAR KPK DAN FPB
Main Author: | Heru Kurniawan, Rukhsotun Nuroeni, Abu Syafik, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/707 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/707/683 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia komik pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk bahan ajar KPK dan FPB yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Kebumen sejumlah 40 siswa. Instrumendalampenelitianinimeliputites, lembarevaluasidanlembarobservasi. Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukanpadaumumnyasemuaaspekdalam multimedia komikpembelajaran yang dikembangkansangatlayakdigunakan.Validasiparaahlimasukpadakategorisangatlayakmeliputivalidasiahlimateri (rata-rata 90,9%), validasiahli media (rata-rata 91,67%) dan guru (rata-rata 97,2%). Padaujicobalapanganterbatasdiperoleh rata-rata 83,33% kemudianmeningkatpadaujicobalapanganutamayaitu 90,19% yang berartibahwaproduk multimedia komikmasukpadakategorisangatlayakdigunakan. Multimedia komikdapatdigunakandalampembelajaran di kelasterbuktidengan KKM 75 sebesar 85,29% (29 siswa) tuntasdanhanya 11,76% (5 siswa) yang tidaktuntasdengan rata-rata nilai kelas 81,9. Dari data observasiresponsiswadiperolehhasil 87,06% yang masukpadakategorisangatbaik. Kata kunci:pengembangan, multimedia komik, pembelajaranmatematika.