PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WINGEOM TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA SMP KELAS VIII

Main Authors: Azizah, Yuswitami Nur, Darminto, Bambang Priyo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2020
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/6752
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/6752/5900
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar geometri siswa yang menggunakan aplikasi wingeom dibanding siswa yang menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen semu didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan aplikasi wingeom sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan aplikasi wingeom. Pengambilan data menggunakan instrumen posttest hasil belajar ranah kognitif berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk menghitung normalitas, uji F untuk menghitung homogenitas dan uji-t untuk menghitung uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 76,29 dan pada kelas kontrol adalah 71,92 dengantobs sebesar 1,69546 dan t0,05;52 sebesar 1,6762 sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar geometri siswa yang menggunakan aplikasi wingeom lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode konvensional. Kata kunci : Wingeom, Hasil belajar geometri