STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Main Author: Fitriyani, Fitriyani; Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2019
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/6046
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/6046/5361
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dari pada model pembelajaran Snowball Throwing; dan (2) apakah model pembelajaran Jigsaw efektif jika diterapkan di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data awal dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw, siswa mempelajari materi dengan sungguh-sungguh karena setiap siswa bertanggungjawab atas materi yang didapat untuk menjelaskan kembali kekelompok asalnya. Sedangkan pada pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing, siswa terlihat pasif sehingga model pembelajaran Snowball Throwing tidak cocok diterapkan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih baik dari pada model pembelajaran Snowball Throwing dan (2) model pembelajaran Jigsaw efektif jika diterapkan di SMP. Kata kunci: Jigsaw, Snowball Throwing, pemahaman konsep