EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Main Authors: Suprianto, Asep; Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Indonesia, Darmono, Prasetyo Budi, Purwaningsih, Wharyanti Ika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2019
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5838
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5838/5226
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswayang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu GeoGebra lebih baik dari padakemampuan komunikasi matematis siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Populasi penelitianini adalah seluruhkelas VIII SMP Taman Dewasa Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. Pengambilan data menggunakan tes uraian yang telah valid dan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji . Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett dengan .Uji hipotesis menggunakan uji diperoleh dan .Karena ,maka DK sehingga ditolak. Jadi, kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu GeoGebra lebih baikdari pada dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP Taman Dewasa Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: komunikasi matematis, Jigsaw, GeoGebra