EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN THINK TALK WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Main Authors: | Zainuri, Moch; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Supriyono, Supriyono, Nugraheni, Puji |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5106 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5106/4682 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada materi persegi dan persegi panjang. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP VIP Al-Huda Jetis Kutosari Kebumen tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi sebanyak 7 kelas, dengan simple random sampling. Dari 7 kelas yang ada, diambil acak sebanyak dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen kedua. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-student (uji-t). Hasil penelitian dengan taraf signifikan = 0,05 menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama 65,10 dan pada kelas eksperimen kedua 59,06. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs=1,5088 dengan ttabel=1,6703 dan DK= {t|t>1,6703}. Terlihat bahwa tobs termasuk dalam daerah kritik sehingga menyebabkan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang mendapat metode Think Talk Write pada siswa kelas VII SMP VIP Al-Huda Jetis Kutosari Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Kata-kata kunci : Think Pair Share, Think Talk Write, Prestasi Belajar