ANALISIS POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PENGGUNAAN GADGET (HANDPHONE) DITINJAU DARI DISIPLIN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Main Author: Astriyani, Arlin; Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5102
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5102/4678
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua permisif terhadap penggunaan gadget (handphone) ditinjau dari disiplin belajar matematika peserta didik SD Negeri Karangtawang 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD Negeri Karangtawang 01 semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua permisif terhadap penggunaan gadget (handphone) terlihat bahwa sebagian orang tua kurang mengkomunikasikan aturan secara jelas dan tidak memaksakan aturan tersebut, orang tua juga menerima tingkah laku anak serta menuruti dan membebaskan kemauan anak. Kedisiplinan belajar matematika cukup rendah, hal ini terlihat dari anak yang jarang disuruh untuk belajar matematika maupun mengerjakan tugas matematika ketika anak sedang bermain handphone karena orang tua cenderung membiarkan anaknya bermain handphone. Kata Kunci: pola asuh permisif, handphone, kedisiplinan belajar