PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII
Main Authors: | Masro’ah, 'Izzatul; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Budiyono, Budiyono, Purwoko, Riawan Yudi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5101 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5101/4677 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (assosiatif) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,10 (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,33 (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman dimana dan thitung = 13,19 (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama terhadap hasil belajar kognitif dimana dan Fhitung = 21,47. Kata kunci: kemampuan metakognitif, kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar kognitif.