PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII

Main Authors: Masro’ah, 'Izzatul; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Budiyono, Budiyono, Purwoko, Riawan Yudi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5101
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/5101/4677
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP di Kecamatan Petanahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (assosiatif) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Pengambilan da­ta menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,10 (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar kognitif dimana dan thitung = 6,33 (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif terhadap kemampuan membaca pemahaman dimana dan thitung = 13,19 (4) ada pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan metakognitif dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama terhadap hasil belajar kognitif dimana dan Fhitung = 21,47. Kata kunci: kemampuan metakognitif, kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar kognitif.