EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM POSING MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 16 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Main Author: | Robiyana, Anjas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/506 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/506/498 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada pembelajaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan segitiga kelas VII semester 2 SMP Negeri 16 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari distribusi normal dan variansi homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus uji t. Dengan α = 0,05 menunjukkan thitung = 4,976 > 1,645 = ttabel berarti prestasi belajar siswa pada materi segitiga dengan menggunakan model Problem Posing lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan model kovensional. Dari hasil penelitian, rerata prestasi belajar matematika yang menggunakan model Problem Posing diperoleh 70,375, sedangkan dengan model konvensional diperoleh 60,387. Kata kunci: model pembelajaran, problem posing, kovensional.