PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KRATON YOGYAKARTA

Main Author: Setiana, Dafid Slamet; FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4381
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4381/4077
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta kemudian menguji penerapannya pada pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian berupa tes matematika dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp, (2) Produk yang dihasilkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan perangkat evaluasi yang berupa tes matematikayang berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif.