HUBUNGAN SELF-EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP
Main Author: | Firdaus, Arumita; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4374 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4374/4072 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano. Sampel dalam pe-nelitian ini sebanyak 184 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Ha-sil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara: (1) self-efficacy dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (3) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (4) self-efficacy dan motivasi belajar dengan presta-si belajar matematika dan signifikan; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (6) self-efficacy dan lingkungan ke-luarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (7) self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika tetapi tidak sig-nifikan.