HUBUNGAN SELF-EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Main Author: Firdaus, Arumita; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4374
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4374/4072
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Loano. Sampel dalam pe-nelitian ini sebanyak 184 siswa dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Ha-sil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara: (1) self-efficacy dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (3) lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (4) self-efficacy dan motivasi belajar dengan presta-si belajar matematika dan signifikan; (5) motivasi belajar dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (6) self-efficacy dan lingkungan ke-luarga dengan prestasi belajar matematika dan signifikan; (7) self-efficacy, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar matematika tetapi tidak sig-nifikan.