PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS VIII
Main Author: | Prasetiafani, Fransiska Nur; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4370 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4370/4069 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan dan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran probing-promting. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada setiap pertemuan dari siklus I dan siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 25 Purworejo.