HUBUNGAN SELF EFFICACY, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Main Author: Widianawati, Anisa; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4230
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4230/3960
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy, kemandirian belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika. Teknik pengambilan data menggunakan anget dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara : 1) self efficacy dengan prestasi belajar matematika, dengan thitung = 3,24, 2) kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika, dengan dengan thitung = 2,49, 3) kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika, dengan dengan thitung = 2,77, 4) self efficacy dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 6,86, 5) self efficacy dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 8,44 6) kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika, dengan Fhitung = 5,58. Dan ada hubungan yang positif dan tidak signifikan antara self efficacy, kemandirian belajar, dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, dengan Fhitung = 0,44.