PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN OBSERVATION BASED LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN BAGI SISWA SMP

Main Author: Burhan, Sohibul; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4220
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4220/3951
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan observation based learning pada materi perbandingan bagi Siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan subjek siswa kelas VIII A – VIII D SMP Negeri 1 Bonorowo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) LKS elektronik yang telah dikembangkan memperoleh skror rata-rata 3,34 dalam kriteria valid; (2) dari segi kepratisan LKS elektronik dengan perolehan presentase 86,67% pada kriteria sangat positif digunakan untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) LKS elektronik tidak efektif dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS elektronik yang telah dikembangkan tidak layak.