EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TS-TS DAN SFE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Main Author: Ekasari, Ratna; Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4217
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4217/3948
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Students Facilitator and Explaining (SFE) pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TS-TS lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran SFE pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.