PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP

Main Author: Kurnia, Novi Rini; Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4195
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4195/3929
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang layak yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, angket respon siswa dan soal tes. Hasil penelitian menujukkan validasi LKS oleh ahli materi mendapat rerata skor validasi kelayakan isi 3,30 berkriteria “valid”, kebahasaan 3,50 berkriteria “valid”, penyajian 3,33 berkriteria “valid”, dan kegrafikaan 3,50 berkriteria “valid”. Validasi LKS oleh ahli media mendapat rerata skor 3,37 berkriteria “sangat valid”. Hasil angket respon siswa diperoleh rerata 4,07 berkriteria “Baik”. Prestasi belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 75% berkriteria “Baik”. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis multiple intelligence dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa diukur dengan uji gain dengan peningkatan sebesar 54% berkriteria sedang. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada penerapan LKS berbasis multiple intelligence.