PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Susrini, Ririn
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/415
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/415/437
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penguasaan siswa dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan, dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pecahan, dan ada tidaknya korelasi yang positif antara penguasaan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan penguasaan siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo. Sampel penelitian ini sebanyak 42 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penguasaan siswa dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan tidak memenuhi KKM, penguasaan siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pecahan tidak memenuhi KKM, dan ada korelasi yang positif antara penguasaan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dengan pemecahan masalah yang berkaitan. Kata kunci: kompetensi dasar, pecahan, pemecahan masalah