PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP

Main Author: Sugiharto, Teguh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4123
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4123/3871
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika elektronik dan mengetahui kelayakan LKS matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning.Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reasearch and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.Berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis materi, menunjukkan bahwa perlu adanya media pembelajaran elektronik agar siswa dapat lebih memahami konsep materi peluang. Melalui kegiatan ini dilakukan kajian terhadap LKS Matematika Elektronik dengan Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa SMP kelas VIII semester II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli media mencapai 83% dan ahli materi sebesar 80% dengan kategori sangat layak, sehingga LKS ini layak digunakan pada uji coba terbatas dengan sedikit revisi. Respon siswa terhadap produk yang dikembangkan mencapai 83% dalam kategori sangat baik.Hasil tes prestasi belajar siswa memperoleh rata-rata 77 dan mencapai ketuntasan sebesar 53%.Dapat disimpulkan bahwa LKS matematika elektronik dengan pendekatan discovery learning untuk siswa SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika elektronik membuat siswa tertarik untuk belajar matematika dan membantu siswa dalam menemukan konsep materi secara mandiri dan itulah sisi positif dari produk hasil pengembangan ini. Kata kunci: LKS matematika, elektronik, discovery learning