EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP SE-KECAMATAN TEMPURAN
Main Author: | Dewi, Ika Rinawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/403 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/403/425 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: apakah hasil belajar siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) siswa kelas VII SMP Se-Kecamatan Tempuran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa. Uji hipotesis dengan uji t dengan menyatakan tobs sebesar 0,953 sedangkan t0,05;57 =1,67203. Karena tobs ttabel sehingga Ho diterima. Dengan demikian hasil belajar siswa yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa yang dikenai dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi persamaan linier satu variabel terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Se-Kecamatan Tempuran. Kata kunci: pembelajaran STAD, NHT, hasil belajar