PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING

Main Author: Suyoto, Suyoto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3901
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3901/3663
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono. Penelitian ini merupakan PTK pada siswa kelas VIII B MTs Al Islam Jono tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemandirian belajar siswa, lembar angket kemandirian belajar siswa, dan tes evaluasi untuk mengukur kemampuan hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa masih ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, malu mengeluarkan pendapat yang dimiliki pada saat diskusi, serta masih banyak siswa yang mencontek jawaban teman ketika mengerjakan tugas individu. Sedangkan pada siklus II sudah banyak siswa yang mempunyai kepercayaan terhadap diri sendiri dan ketidaktergantungan pada orang lain. Hasil rerata persentase kemandirian belajar matematika siswa yang didapat pada akhir siklus II masuk dalam kategori baik. Hasil rerata persentase hasil belajar siswa yang didapat pada akhir siklus II masuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: kemandirian, hasil belajar, model pembelajaran, Reciprocal Teaching