MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Main Author: Adi Putro, Exga Yurismintarso
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3579
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3579/3386
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal tes. Analisis data dengan menggunakan persentase dan rerata. Rata-rata persentase partisipasi siswa meningkat dari 71,76 menjadi 93,75%. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa dengan jumalah siswa yang tuntas sudah mencapai 15 siswa atau 46,88%. Hasil ini nilai evaluasi belajar siswa dengan memenuhi batas minimal dari indikator keberhasilan penelitian dan pada rerata yang mendapat nilai evaluasi belajar siswa dengan jumalah siswa yang mendapat nilai >75 sudah mencapai 30 siswa atau 93,75%. Hasil ini mencapai indikator yang sudah ditentukan. Kunci kata: Think Pair Share (TPS), partisipasi, prestasi belajar