PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Main Author: Sa’bani, Afif
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3564
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3564/3371
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas A dan Kelas B SMP Negeri 24 Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah soal tes.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai = 1,727 sedangkan = 1,645 dengan taraf signifikan 5%. Karena nilai > maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, artinya bahwa penggunaan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: PBL, kemampuan pemecahan masalah