PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Main Author: | Sa’bani, Afif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3564 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3564/3371 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 24 Purworejo tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah kelas A dan Kelas B SMP Negeri 24 Purworejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah soal tes.Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t.Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai = 1,727 sedangkan = 1,645 dengan taraf signifikan 5%. Karena nilai > maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, artinya bahwa penggunaan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: PBL, kemampuan pemecahan masalah