PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL DAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN WINGEOM PADA KELAS VIII D

Main Author: Sukenti, Novia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3342
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3342/3140
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan visual-spasial dan (2) prestasi siswa melalui model pembelajaran pictorial riddle berbantuan media wingeom pada siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari tes kemampuan visual-spasial dan tes prestasi serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif untuk menganalisis lembar keterlaksanaan pembelajaran dan data kuantitatif untuk menganalisis tes kemampuan visual-spasial dan prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) persentase kemampuan visual-spasial siswa pada siklus I sebesar 46,88% meningkat menjadi 68,75% pada sisklus II, (2) persentase ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 59,38% meningkat menjadi 78,13% pada siklus II. Kata kunci: kemampuan visual-spasial, prestasi siswa, pictorial riddle, wingeom