KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA, TES JAWABAN SINGKAT, DAN TES JAWABAN TERSTRUKTUR SISWA KELAS VII SMP N SE KECAMATAN KALIKAJAR¬

Main Author: Purwanti, Zuli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3331
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3331/3129
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, dan tes jawaban terstuktur siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kalikajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dari penelitian ini 75 siswa, teknik sampling yang digunakan propotio­na­te random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah tes. Untuk menganalisis data digunakan uji t dan anava satu jalan. Dari ha­­sil penelitian di­peroleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan bilangan bulat yang diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda, yang menggunakan tes jawaban, dan yang menggunakan tes jawaban terstuktur. Kata kunci: hasil belajar matematika, tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, tes jawaban terstruktur