HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN ADIMULYO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Haryani, Wahyu Tri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3326
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3326/3124
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Ke­camatan Adimulyo sebanyak 438 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa. Pe­­ngambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Dari pengolahan data diperoleh koefisien korelasi 1 prediktor berturut-turut sebesar: 0,32; 0,25; 0,28 dan thitung berturut-turut sebesar: 3,53; 2,73; dan 3,03. Koefisien korelasi 2 prediktor berturut-turut sebesar: 0,38; 0,28; dan 0,32 dan Fhitung berturut-turut sebesar: 8,90; 4,46; dan 6,20. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung > ttabel, Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak. Kemudian koefisien korelasi 3 prediktor diperoleh 0,16 dan Fhitung sebesar 1,07. Pengujian hipotesis menghasilkan Fhitung < Ftabel maka Ho diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah orang tua harus memper-hatikan pendidikan anaknya, seorang siswa harus mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi, dan seorang siswa harus mempunyai konsep diri yang baik agar prestasi belajar yang baik dapat dicapai. Kata kunci: perhatian orang tua, kecerdasan emosional, konsep diri, prestasi belajar matematika