PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN REPRESENTASI MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TTW BERBANTUAN POCKET BOOK
Main Author: | Listiyani, Evi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3190 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3190/3002 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif, representasi matematis, dan prestasi belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 25 Purworejo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan pocket book.Merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan TTW dapat meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu siswa dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 62,70%, meningkatpadasiklus II menjadi 76,95%. (2) Kemampuan representasi matematis siswa yaitu siswa mampu menggunakanrepresentasinyasendiridalammenyelesaikanpermasalahanmatematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase pada siklus I sebesar 61,72%, meningkat menjadi 77,21% padasiklus II. (3) Prestasi belajar siswa yaitu rata-rata nilai siswa pada pra siklus adalah 48,75. Dari hasil tes pada siklus I diperoleh 65,25, meningkat menjadi 77,16 pada siklus II. Kata kunci: berpikir kreatif, representasi matematis, prestasi belajar, TTW