HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA, SIKAP BELAJAR, DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN BAYAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Nur Rohmah, Arum Anisah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Purworejo , 2016
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3162
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3162/2975
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua, sikap belajar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Bayan. Sam­pel dalam penelitian ini 92 siswa dengan menggunakan teknik propotionate ran­dom sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­to­de angket dan tes. Data analisis menggunakan deskriptif, regresi, dan korelasi. Ke­simpulan da­lam penelitian ini: perhatian orang tua, sikap belajar, kemam­pu­an ver­­bal dan prestasi be­lajar matematika ku­rang dari 75%; dan ada hubungan yang po­sitif dan sig­nifikan an­ta­ra: (1) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ma­tematika (2) si­­kap be­­­­la­jar terhadap prestasi belajar matematika; (3) kemampuan verbal ter­ha­dap prestasi be­lajar matematika; (4) perhatian orang tua dan sikap belajar ter­­hadap prestasi belajar ma­­te­ma­ti­ka; (5) perhatian orang tua dan ke­mam­pu­an verbal terhadap prestasi be­­­la­jar ma­­tematika; (6) sikap belajar dan kemam­­puan verbal ter­ha­dap prestasi belajar ma­te­ma­ti­ka; (7) perhatian orang tua, sikap bela­jar, dan kemampuan verbal terhadap prestasi be­la­­jar matematika tetapi tidak signifikan. Kata kunci: perhatian orang tua, sikap belajar, kemampuan verbal, prestasi be­l­a­jar matematika