PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X MA MA’ARIF NU PITURUH
Main Author: | Wijaya, Cahya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Purworejo
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3154 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3154/2967 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X MA Ma’arif NU Pituruh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukkan bahwa siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Siswa sudah mempunyai motivasi dalam belajar terlihat ketika mereka sedang mengerjakan soal permainan dan turnamen mereka sangat sungguh-sungguh, tidak cepat puas dengan hasil prestasi yang didapat, dan ketika mengerjakan soal, mereka mampu menyelesaikan soal yang banyak secara terus-menerus. Motivasi siswa pada siklus I sebesar 69,17% dengan kategori sedang, meningkat sebesar 13,33% menjadi 82,50% dengan kategori tinggi pada siklus II. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) prestasi belajar siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 65,83%, meningkatan sebesar 15,20% menjadi 81,03% pada siklus II. Kata kunci: motivasi, prestasi belajar matematika, Teams Games Tournament (TGT)